trik

Friday, April 15, 2016

PENGURAS ENDAPAN OTOMATIS

        Bagi yang  bergelut dengan air setiap hari tentu akan ada suka dukanya. Karena air merupakan kebutuhan yang mutlak harus ada setiap hari diantaranya digunakan untuk air minum, MCK, pertanian, peternakan, perikanan dan lain sebagainya. Mengingat proses pengadaan air melalui beberapa tahapan maka tentu di setiap tahapan tersebut ada berbagai masalah dan kendala. 

         Salah satu kendala yang sering terjadi adalah terjadinya PENGENDAPAN pada dasar tempat air. Pengendapan terjadi akibat lumpur atau sisa-sisa pakan dan kotoran kolam ikan. Untuk mengatasi hal tersebut berikut ini kreasi sederhana yang yang bisa digunakan untuk mengurangi pengendapan. 

           Alat ini akan sangat bermanfaat  bila diterapkan di kolam ikan, bak  tangkap air, tambak, kolam renang dan lain sebagainya. 



GAMBAR 1


               Pipa dirangkai seperti gambar di atas, tinggi pipa keluaran disesuaikan dengan ketinggian air yang diinginkan, dapat juga digunakan sambungan yang bisa ditambah atau dikurangi untuk mengatur ketinggian air sesuai kebutuhan. Sediakan potongan pipa yang lebih besar dengan ukuran lebih panjang dari pipa  untuk saluran pengeluaran. Potongan pipa ini tidak memakai dop di atasnya(dibiarkan terbuka).









GAMBAR 2

             Potongan pipa dimasukkan menutupi  pipa keluaran. Pipa penutup ini tidak dilem.









GAMBAR 3

              Proses pengeluaran endapan terjadi sesuai dengan anak panah berwarna merah. Air yang  masuk akan otomatis mendorong  endapan yang ada di dasar bak keluar .


               Cara ini sudah saya lakukan pada kolam terpal lele dan pada bak penampung pada pompa hidram, dan hasilnya sangat berpengaruh dan  bermanfaat dibanding sebelumnya dengan tanpa menggunakan alat ini



No comments:

Post a Comment