Sunday, February 23, 2014

HIDRAM UNTUK KOLAM LELE


HIDRAM UNTUK KOLAM IKAN LELE

Sekarang ini banyak usaha yang dilakukan oleh masyarakat dalam meningkatkan pendapatannya. Salah satunya adalah memelihara ikan lele, baik dalam kolam permanen maupun kolam Terpal. Lele banyak dibudidayakan karena tidak perlu air mengalir, jadi sangat cocok untuk daerah yang tidak terlalu besar sumber airnya. 
Meskipun lele tahan akan air yang kotor alangkah baiknya bila air kolam dapat diganti sedikit demi sedikit secara kontinyu setiap hari. Hal ini akan mengakibatkan kotoran lele tidak menumpuk dalam kolam yang mana dapat menyebabkan air kolam menjadi bau dan mengurangi nafsu makan ikan lele serta bisa menjadi sumber penyakit. 
Untuk mengatasi masalah air tersebut dapat dipasang Pompa Hidram. Pompa hidram akan secara kontinyu mengalirkan air ke dalam kolam. Pompa ini tidak menggunakan BBM dan listrik, hanya menggunakan Teknologi Sederhana dan biaya yang sangat murah.
Selain untuk mengairi kolam, air tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan lainnya seperti untuk air minum, MCK, minum ternak, menyiram tanaman dan lain lain.
 
Berikut ini adalah Foto - foto pompa hidram beserta instalasinya yang saya pasang untuk kolam lele di halaman rumah saya.



 















Sekian informasi dari saya semoga ada manfaatnya.

No comments:

Post a Comment